Monday 13 April 2015

Kecurangan Kasir Minimarket atau ketidaksengajaan?

Sebelumnya saya sudah pernah mempost di halaman facebook saya tentang pengalaman kurang menyenangkan saat berbelanja di sebuah minimarket di Toraja, namun tidak ada salahnya saya kembali memposting di blog ini agar kiranya dengan informasi ini bisa membantu kita untuk lebih teliti dan cermat saat berbelanja.. hehe :)



Sore itu (27 maret 2015) saya berbelanja di salah satu minimarket di kota RANTEPAO (alf*midi). Sampai di lokasi, saya membeli sikat gigi (HARGA DI RAK Rp.10.300), deodoran (Rp.10.xxx), dan pasta gigi SENS*DYNE (Rp.27.xxx) yang kalo dihitung-hitung tidak sampai 50rbu. Selanjutnya saya menuju KASIR sampai semua barang yang saya beli discan dan TOTALNYA Rp.62.700, sayapun heran krna mnurut perhitungan sya ga sampe 50rbuan tp di kasir malah 60rbuan. Setelah saya cek di monitor kasir, ternyata perbedaan harga ada pada item pasta gigi sens*dyne yg harganya berubah jdi Rp.39.200. Sayapun langsung tanya ke kasir, “kok sens*dynenya jadi 39rbu? Di rak tadi cma 27rbuan kok mbak”. Si kasir terlihat panik dan katanya “mungkin krna nomor barcodenya pak”, kemudian mondar-mandir sana-sini bertanya sama karyawan lain. Salah seorang karyawanpun datang dan mengecek nomor barcode dalam sistem dan ternyata udah benar itu nmor produk sens*dyne dgn harga Rp.39.200. Diapun kembali dan hanya memasukkan 2 item belanjaan sy sja sambil berkata,“sen*dynenya ga jdi ya pak”. Disitu udh berdiri karyawan/karyawati d belakang si kasir, sy ulangi pertanyaan sya dan seorang menjawab “oh ini krna belum di update harga terbarunya pak, krna brg2 baru masuk”. Sy pikir klau blm update masa selisihnya sampai lbh dari 10rbu dgn hrg sebelumnya, hrga normalnya kan di kisaran 25rbuan (pulau jawa). “maaf mbak, bukan ga punya duit tapi perlu kritis. Jgn sampai masyrkat lain dsni rugi krna belanja, bayar ga sesuai harga dsini. Boleh sya minta nomor layanan konsumennya? Atau korlapnya?” lanjut pertanyaan saya. Seorang karyawati angkat bcara, katanya, “gini aja pak, ambil barangnya nanti selisihnya kita yang tanggung”. Kok jadi mereka yg tanggung?, katanya itu sdh jdi aturan klo ada perbedaan harga, atau kesalahan input akan jadi tanggung jawab bagian kasir (kasihan jg para kasir klo bnyak kasus kayak gini dan mereka pda komplain. Kalau kesalahannya memang TIDAK DISENGAJA). Setelah itu sya kembali kerumah dan mencari informasi ttg kasus seperti ini, ternyata hal semacam ini sdh sering terjadi dengan berbagai modus di meja kasir, ada juga yang menambahkan item kedalam struk belanja yg sebenarnya item tersebut tidak kita beli. begitulah kira2 informasi pengalaman kasus yg mirip tp dgn judul “AKSI TIPU-TIPU SANG KASIR”.

Yaaa sekedar mengingatkan sja untuk lebih TELITI,CERMAT saat berbelanja di minimarket. Kalau kejadian sperti ini mmg sdh biasa (disengaja) yaa kasihan kita yg dompetnya tipis ya.. :)

*gambar diatas merupakan nota pembelian, disitu harga sens*dyne Rp.39.200. Saya tidak sempat mengambil gambar harga yang ada dirak karena saya ga bawa hp saat itu, namun harga normalnya hanya di kisaran 25ribuan

No comments:

Post a Comment